FOOD
& BEVERAGE DEPARTMENT
Department hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap
kebutuhan jasa pelayanan makan dan minum serta kebutuhan terkait lainnya bagi
para pelanggan yang tinggal di hotel maupun yang tidak tinggal di hotel dan di
kelola secara komersial dan professional.
Struktur Organisasi Food And Beverage Service
Bagian –bagian Department Food & Beverage
1. Restaurant section
Salah satu seksi food and beverage yang bertanggung jawab atas
melayani tamu baik makanan ataupun
minuman di sekitar area restaurant , mulai dari checking the guest until
last bill and say thank you
2.
Bar
Section
Salah
satu seksi dari Divisi Food &Beverage Service yang mengurus dan
bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan minuman baik minumanalcoholic maupun
non alcoholic bagi pelanggan seksi bar.
BAR berasal dari kata barrier yang artinya dinding pemisah
antara tamu dan bartender. Awalnya barier berasal dari kayu , contohnya
comboy-comboy yang pemisah antara bartender. Berawal dari latin American,
mexico.
Untuk menunjang pelayanan optimal, Seksi Bar membagi fungsi dan peran
menjadi beberapa sub seksi bar sbb :
a. Public
Bar/ Main Bar
Sebagai Bar utama yang
bertanggung jawab terhadap penyediaan jasa pelayanan minuman baik alcoholic
maupun non alcoholic bagi pelanggan di bar, lokasi bar utama biasanya berada di
satu lantai dengan lobby hotel.
b. Service
Bar
Salah satu bar yang bertanggung
jawab mensupport jasa pelayanan minuman bar untuk permintaan tamu kamar melalui
room service ataupun untuk tamu di coffee shop.
c. Lobby
Lounge Bar
Outlet bar yang menyediakan jasa
pelayanan minuman bar untuk tamu lobby hotel.
d. Restaurant
Lounge Bar
Outlet bar yang menyediakan jasa
pelayanan minuman bar, di lounge formal restaurant hotel.
e. Event Bar
Outlet bar yang menyediakan jasa
pelayanan minuman bar atas dasar permintaan tamu dalam satu event tertentu di
function room hotel.
f. Mini Bar
Outlet bar yang menyediakan jasa
pelayanan minuman bar di kamar tamu hotel dengan cara swalayan.
g. Sunken Bar.
Outlet bar yang yang berlokasi
di tepi kolam renang, menyediakan jasa pelayanan minuman baik minuman alkoholic
maupun non alkoholic bagi tamu yang berenang dan tamu dapat menikmati minuman
di dalam air di tepi kolam renang.
TUGAS DAN TANGGUNG
JAWAB BARTENDER
- Bertanggung jawab kepada manajemen.
- Menjaga kebersihan dan kerapihan bar.
- Menjaga kebersihan dan penataan peralatan bar.
- Melengkapi persediaan minuman dan snacks serta garnish pendukungnya.
- Menyiapkan supplies dan pelengkap lainnya.
- Menyiapkan pesanan tamu.
- Membuat minuman campuran (cocktail) sesuai standar.
- Menangani pembayaran tamu.
- Menerima keluhan tamu pengunjung.
- Menerima saran dari tamu dan menyampaikannya pada pimpinan.
- Ikut membantu pimpinan dalam rangka pengembangan barnya.
- Menutup bar menurut waktu yang ditentukan
3.
Room Service Section
Room service merupakan pelayanan makanan dan minuman di dalam
kamar hotel atautempat akomodasi lain seperti motel atau apartemen. Room
service juga biasa disebut “In-RoomDining”.
Fungsi room service sebenarnya sama dan sejalan dengan restoran
dan bar. Jika restoran dan
bar menjual makanan dan minuman diruang saji restoran atau ruang saji bar, room
servicememiliki kekhususan pelayanan yaitu menyajikan makanan atau minuman di
kamar-kamar hotel atau
apartemen. Dalam fungsi ini juga termasuk mengambil pesanan (taking
order), menyiapkan,,menyajikan dikamar, dan mengambil kembali peralatan yang
telah digunakan dari kamar.
2. Susunan Organisasi Room Service
Susunan dan jumlah petugas di room service dalam suatu
hotel tergantung pada besar kecilnyaoperasional dan keadaan hotel. Adapun
jabatan yang selalu ada dalam organisasi room service meliputi :
a.
Room Service Manager
Apabila
operasi room service tidak dalam area yang luas dan tidak terlalu sibuk,
biasanya pimpinan tertinggi dipegang oleh head waiter.
a. Tugas Room Service Manager adalah :
- Bertanggung jawab sepenuhnya atas jalannya operasi di room service.
- Membuat rencana dan jadwal kerja untuk bawahannya, mengingat operasi room service yangselama 24 jam. Serta mengawasi pelaksanaannya.
- Bertanggung jawab atas seluruh keperluan bawahan seperti peningkatan pengetahuan danketerampilan, serta appearance bawahannya.
b. Room Service Captain :
- Bertugas memeriksa kehadiran dan appearance waiters, menyediakan segala sesuatu untuk service serta mengawasi persiapan dan service yang akan dilaksanakan.
- Captain bertugas sebagai quality control dengan memeriksa ketepatan dan mutu pesanan yang akan dikirim kekamar tamu.
- Captain bertugas membuat laporan pertanggungjawaban kepada room service manager.
c. Room Service order Taker
Room service order taker mempunyai
peranan yang penting dalam operasi room service. Order taker bertugas
dalam menerima dan mencatat pesanan makanan dan minuman tamu terutama melalui
telepon. Karena berhubungan langsung dengan tamu, maka seorang order
taker haruslah orang yang mempunyai kemampuan komunikasi bagus, sopan,
serta memiliki pengetahuan yang luas tentang menu. Seorang order taker harus
mencatat semua pesanan tamusecara tepat dan benar untuk selanjutnya
diserahkan kepada waiters.
d. Room Service Waiters
Bertugas
untuk menyiapkan segala peralatan dan keperluan untuk service sertamenyiapkan
nampan dan trolley. Tugas pokok room service adalah untuk menyajikan makanandan
minuman dikamar tamu, termasuk menyiapkan pesanan tamu, melayani tamu,
danmelakukan clear up kamar tamu serta menyampaikan tagihan pelayanan kamar
(bill).
3 Operasi Room Service
Pada umumnya room service beroperasi selama 24 jam siap
menyajikan makanan danminuman untuk breakfast, lunch, dinner, dan supper (
makan tengah malam). Operasi roomservice meliputi :
a.Taking Order
Mengambil dan mencatat pesanan tamu secara tepat, baik yang langsung melalui teleponataupun tertulis melalui door knob menu.
Mengambil dan mencatat pesanan tamu secara tepat, baik yang langsung melalui teleponataupun tertulis melalui door knob menu.
b. Preparation
Menyiapkan dan mengatur segala peralatan yang diperlukan seperti chinaware,silverware, glassware, cutleries, napkin, dll termasuk ruang kerja. Menjaga agar segala sesuatunya siap untuk operasi room service.
Menyiapkan dan mengatur segala peralatan yang diperlukan seperti chinaware,silverware, glassware, cutleries, napkin, dll termasuk ruang kerja. Menjaga agar segala sesuatunya siap untuk operasi room service.
c. Service
Menyajikan makanan dan minuman secara tepat dan benar dikamar tamu, baik yang mengenai jenis dan jumlah hidangan, waktu, dan nomor kamar pemesan, serta alat-alat yang dipergunakan.
Menyajikan makanan dan minuman secara tepat dan benar dikamar tamu, baik yang mengenai jenis dan jumlah hidangan, waktu, dan nomor kamar pemesan, serta alat-alat yang dipergunakan.
d. Clear Up
Mengambil serta memeriksa semua alat-alat room service yang telah digunakan dan membersihkan area pelayanan kamar hotel.
Mengambil serta memeriksa semua alat-alat room service yang telah digunakan dan membersihkan area pelayanan kamar hotel.
4. Banquet Section
Outlet food &
beverage yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan pesta,
rapat, seminar dan sejenisnya dalam jumlah besar yang pelaksanaannya didasarkan
pada kesepakatan antara pihak banquet dengan pelanggan sebelum hari
pelaksanaan.
Tugas dan Tanggung Jawab Banquet
Dalam organisasi
Banquet dalam melaksanakan segala tugas dan kegiatan operasionalnya dipimpin
oleh seorang Banquet Manager yang membawahi
Assistant
manager, Secretary, Banquet Head Waiter, Banquet Bush Boy.
Berikut ini dijelaskan
tugas kerja serta tanggung jawab dari masing-masing jabatan, yakni:
a. Banquet Manager :
1.
Bertanggung jawab
atas banquet section yang dipimpinnya.
2.
Mengkoordinir seluruh staff
yang berada di bawahnya serta memberikan pembinaan secara rutin agar
pelayanan dibanquet selalu memuaskan tamu.
3.
Harus selalu erat hubungannya
dengan F & B Manager,Public Relationmanager, Sales Manager, Restaurant
manager, Chief Engineering, Sous Chef, F&B Manager, Chief Security dan
Executive Housekeeper.
4.
Melaksanakan tugas-tugas administrasi.
5.
Memeriksa kesiapan tugas dan
seluruh bawahannya. Harus memperhatikan dan mendengarkan keluhan-keluhan tamu
sertamenyelesaikan masalah yang harus dipecahkan.
b. Assistant Manager
Pada dasarnya tugas
dan tanggung jawab dari Banquet Manager dalam menangani tugasnya
sehari-hari juga memikul tanggung jawab dari Banquet Manager apabila
berhalangan datang. Memberikan briefing serta pengawasan selama
berlangsungnya acara.
c. Secretary
1.
Membantu tugas-tugasBanquet manager
dalam menengani pemasukan dan pembalasan surat.
2.
Membuat laporan-laporan
yang masuk, baik dari hasil rapat maupunlaporan yang berasal dari pihak
luar, termasuk pengaduan-pengaduan dansaran-saran dari tamu yang ada.
3.
Selain itu bertugas
sebagai perantara sebelum bertemu dengan Banquet Manager, terutama
yang menggunakan telepon.
d. Banquet Supervisor:
1.
Mengkoordinir segala kegiatan,
mulai dari menyiapkan kebutuhan Acara sampai pelayanan kepada tamu.
2.
Selain itu bekerja sama
dengan bagian kitchen, bar, ataupun bagian- bagian
lain demi terciptanya suasana kerja yang baik.
3.
Menangani segala keluhan dari
tamu atau permintaan yang dibutuhkan tamu, juga mengecek segala
peralatan yang ada.
4.
Membantu Banquet Manager
jika mengalami kesulitan.
5.
Bertanggung jawab
kepada Banquet Manager atas segala kegiatan yang ada
di Banquet serta mengawasi cara kerja semua bawahannya
selama function berlangsung.
e. Banquet Captain
1.
Bertanggung jawab mengenai
keadaan yang terjadi pada operasional banquet
2.
Mengkoordinir para waiter
3.
Membuat time schedulejuga
pembagian tugas sesuai jabatan masing-masing.
4.
Menggambarkan suasana ruangan,
meja, kursi, meja buffet, mini garden, juga mengontrol dekorasi.
5.
Mengontrol
semua persiapan sebelum acara dimulai.
6.
Memimpin briefing sebelum
acara dimulai.
7.
Menyambut tamu yang akan
datang sebelum menyerahkan lebih lanjut kepada waiter .
8.
Membuat laporan harian.
9.
Melaporkan hasil kegiatan kepada supervisior
dan banquet manager tentang hal-hal yang di anggap pincang di dalam
operasional kerja.
f. Banquet Waiter
1.
Melaksanakan tugas yang telah
diinstruksikan oleh banquet captain.
2.
Bertanggung
jawab terhadap area yang merupakan bagian tugasnya, misalnya kebersihan
dan kerapian.
3.
Memeriksa semua kelengkapan peralatan yang dibutuhkan untuk keperluan event nantinya,
mulai dari table cloth, napkin, peralatan makan dan minum dan
lain-lain.
4.
Mengatur ruangan kembali
dengan sempurna setelah tamu meninggalkan ruangan.
g. Banquet Head Waiter
1. Bertanggung
jawab mengenai keadaan yang terjadi pada operation banquet .
2. Mengkoordinir
para waiter dan daily worker.
3. Membuat “Time
Schedule”juga pembagian tugas sesuai dengan jabatan masing-masing.
4. Menggambarkan
susunan meja kursi, meja buffet, mini garden juga mengontrol dekorasi
ruangan serta menyiapkan kartu menu dan nama-nama untuk dipasang di meja.
5. Mengontrol
semua persipan sebelum peralatan tersebut dipasang di
meja.
6. Memimpin briefing rutin
sebelum acara dimulai.
7. Membuat
serta mengajukan anggaran untuk menambah sarana penunjang atau
peralatan-peralatan yang diganti.
h. Banquet Bush Boy
Untuk tugas-tugas Bush boy umumnya adalah membantu dari pada
tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh waiter , karena itu waiter
harus selalu membimbing dan mengarahkan serta memberi contoh yang baik,
juga sabar dan teliti terhadap bush boy
Demikian diharapkan kelak kemudian hari, merekapun dapat memberikan teladan yang
baik pada karyawan dan bush boy yang baru, juga mungkin sebagai modal
utama apabila menjadi atasan
5.
Stewarding section
Salah satu seksi food and beverage yang bertanggung jawab
mengurus kebersihan peralatan dapur dan
restoran pada suatu hotel atau perusahaan rumah makan.
Jenis-jenis restaurant
1.
Formal
Restaurant Section
Outlet
food & beverage yang mengurus dan bertanggung jawab atas jasa pelayanan
makan dan minuman dengan mengutamakan keanggunan tata cara penyusunannya
seperti : Dinning Room, Supper Club, Executive Club, European Food Restaurant,
Grill Restaurant dan lain-lain.
2.
Informal
Restaurant Section
Outlet
food & beverage yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan
makan dan minum dengan mengutamakan kecepatan dalam penyajian ( Coffee Shop,
Café, Canteen dan sebagainya ).
3.
Speciality
Restaurant/Tradisional Restaurant.
Outlet
food & beverage yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan
makan dan minum khas tradisi daerah / negara tertentu Indonesia Food
Restaurant,[Padang Restaurant, Sunda Restaurant], Japannese Restaurant, Italian
Food Restaurant, Oriental Food Restaurant.
Macam –
macam service dalam pelayanan:
a.American
service (sistem pelayanan ala Amerika)
Americam service mempunyai ciri-ciri antara lain sebagai berikut:
1. Sifat
pelayanannya sederhana, tidak resmi dan cepat
2. Makanan
sudah siap ditata dan diatur diatas piring
3. Disajikan
kepada tamu dari sebelah kiri
4. Piring
kotor diangkat dari sebelah kanan
b.English service(sistem pelayanan ala Inggris)
Pelayanan ini digunakan oleh keluarga bangsawan di Inggris, makanan
tersedia dimeja dan diatur oleh nyonya rumah dalam piring dan dihidangkan
kepada tamunya dan nyonya rumah tersebut biasa disebut hostess, jadi service
ini banyak digunakan dirumah tangga. Contoh yang paling umum adalah jika ada
yang berulang tahun, maka yang berulang tahun akan memotong kue dan langsung
memberikannya kepada tamu.
c.French
service
French service adalah suatu tipe pelayanan yang sifatnya
formal/resmi, awalnya pelayanan ini digunakan untuk tamu
bangsawan, sekarang ini disukai untuk orang yang ingin mendapatkan
pelayanan yang mewah. Makanan satu persatu datang dari dapur dan setibanya di
ruang restaurant dimatangkan dekat tamu dengan menggunakan “range oven atau
rechaud oven” dan setelah matang. Ditata atau disusun diatas oval platter
dengan menggunakan guerdion dan dihias dengan hiasan yang baik kemudian satu
persatu hidangan tersebut ditawarkan oleh waiter secara berurutan kepada tamu.
Pelayanan jenis ini mempunyai ciri menyajikan makanan utama secara utuh. Bila
tamu telah memilih bagian dari hidangan makanan yang disukai. Kemudian dipotong
oleh waiter yang telah ahli serta disajikan langsung ke atas piring tamu, yang
terbuat dari peralatan service serta dekorasi yang baik dan mahal.
d.Russian
service
Pelayanan jenis ini sering disebut juga dengan modified french
service karena dalam beberapa hal mempunyai
kesamaan dengan french service. Pelayanan ala rusia sifatnya sangat
formal, mewah dan para tamu merasa mendapatkan perhatian yang luar biasa dari
petugas, perbedaan yang menonjol antara rusian dengan french
adalah:
1. Russian
service, sedangkan french servicedua orang waiter
2. Makanan
yang disajikan pada russian service disiapkan sepenuhnya di dapur sedangkan
french service sebagian disiapkan di dapur dan di restoran.
idiot KONTOL
BalasHapusBagus sekali materinya. Terimakasih atas shareringnya.
BalasHapus